News & Publication

20 May 2011

Pembangunan Trans Studio di Makassar

MAKASSAR: Arena wisata Theme Park Trans Studio sebagaimana di Makassar, mulai dijajaki di Manado, Sulawesi Utara. Chairul Tanjung (CT) Corporation diminta menanamkan investasi di bidang hiburan itu.

Direktur Trans Kalla Makassar Eka Firman Ermawan, mengatakan permintaan investasi itu berasal dari Pemerintah Sulawesi Utara, yang menilai daerahnya cocok untuk sarana wisata theme park.

“Pemprov Sulut justru yang lebih agresif menawarkan berbagai insentif kepada kami untuk membangun trans studio di sana,” ujarnya, hari ini.

Dia mengatakan CT Corp menargetkan dalam 10 tahun ke depan mampu membangun 20 Trans Studio. “Saat ini Trans Studio memang hanya ada di Makassar, dan di Bandung yang akan diresmikan Juni, ke depan ada lagi pembangunan baru,” ujarnya.

Manado, kata dia masih dalam kajian sehingga belum ada kepastian berapa besar nilai investasi yang dibutuhkan. “Kami masih mengkaji mengenai prospek theme park di daerah itu mulai tingkat kunjungan wisatawan hingga pertumbuhan ekonomi,” tukasnya.

Selain Sulut, Eka mengatakan Trans Studio akan dibangun di Jakarta. Eka menambahkan, sejak dibangun 2009, Trans Studio di Makassar diklaim mampu meningkatkan perekonomian Makassar. Kunjungan domestik melalui Bandara Sultan Hasanuddin juga meningkat 200%.

Sejak diresmikan Desember 2009 hingga akhir 2010, jumlah pengunjung Trans Studio Makassar tercatat 1,5 juta orang, 65% di antaranya dari Sulawesi, dan 35% berasal dari luar Sulawesi. (mw)